Jumat, 05 Oktober 2012

Mie Rebus Medan



Emang Medan adalah surganya jajanan, jadi kalo jauh dari Medan yang dirindukan adalah makanannya selain keluarga tentunya.

Salah satu makanan Medan yang paling disuka ya ini Mie Rebus Medan. Biasanya yang jual nih adalah orang India dan tempatnya yang paling enak itu di Pagaruyung, Kampung Keling.

Kebetulan kemaren suami baru pulang tugas dari Medan dan sudah diingatkan membawa mie lidi yaitu mie kering berwarna kuning, yang merupakan bahan utama membuat mie rebus ini. Bentuknya panjang-panjang seperti spagheti. Kalo di Siantar ataupun di Parapat terkenal dengan sebutan mie gomak.

Oke, mari kita masak mie rebusnya dan resepnya ini dia:

Bumbu Kuah, haluskan:
Bawang Merah 8 siung
Bawang Putih 3 siung
Kemiri 5 butir
Jahe 2 ruas
Sereh 1 batang
Jinten 1/2 sdt
Ebi/Udang Rebon 100 gram, rendam dulu 30 menit.

Bumbu pelengkap: 
Lengkuas 2 ruas, geprek
3 lembar daun salam
Sereh 2 batang, geprek.
Kayumanis 4 cm
Kapulaga 3 butir
Cengkeh 5 biji
Bunga Lawang 2 buah.

Gula Merah 50gram, sisir halus.
Kecap 5 sdm.

Garam, Lada sesuai selera.
Bumbu kaldu sesuai selera.
Air 4 liter ---> boleh air kaldu udang.
Tepung sagu 3sdm untuk mengentalkan

Bahan:
-Mie Kuning basah 1kg, atau Mie Lidi 1 kemasa
n jadi krg lebih 1kg mie setelah direbus.
-Tahu 10 pcs, goreng.
-Kentang 2biji, rebus/kukus
-Udang basah 500 gram, goreng hingga kering. --> bisa jg pakai udang rebon di goreng.
-Taoge 150gram, rebus.
-Bawang Goreng, Seledri, Jeruk Nipis, irisan tomat
-Sambal, Emping. 


Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus, hingga matang dan harum, masukkan air.
2. Masukkan bumbu pelengkap lainnya.
3. Saat kuah mulai panas,tepung sagu diencerkan dulu dengan sedikit air lalu masukkan ke kuah.
4. Tunggu hingga mendidih, matikan api.
5. Atur dalam piring: mie, taoge, tahu dan kentang yg sudah dipotong2, udang goreng kering, siram dengan kuah panas.
6 Taburi dengan bawang goreng dan seledri.
7. Jika suka tambahkan air jeruk nipis, irisan tomat + sambal dan emping. 

*untuk 10-12 porsi.

Dan penampakannya :









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...