Rabu, 05 Desember 2012

Chocholate Cookies

Natal sudah menjelang, waktunya mempersiapkan kuker...yippiee dan ga lupa mauu mudikkk..senangnya.

Nahh..ini salah satu kue pesana dari pelanggan setia kuker buatan saya..

Resepnya:

300 gr margarin (bisa dicampur margarin dan butter)
200 gr gula halus
2 btr kuning telur
250 gr tepung terigu
40 gr coklat bubuk
50 gr maizena
40 gr susu bubuk
100 gr coklat leleh (dark cooking chocholate), lelehkan

Toppingnya:

100 gr white cooking chocholate
sprinkle warna-warni, bisa juga meisis warna-warni

Cara Membuatnya:

1. Kocok margarin dan gula selama 1 menit saja, masukkan coklat leleh dan telur, aduk rata, jangan terlalu lama, asal rata saja.
2. Masukkan terigu, coklat bubuk, maizena, susu bubuk sambil diayak, aduk rata, sampai adonan bisa dibentuk.
3. Bentuk bulat dan pipihkan dengan garpu, kemudian panggan di oven selama 20 menit atau sampai matang.
4. Dinginkan kue, kasih topping coklat putih leleh dan taburkan sprinkle, kemudian dinginkan di ruangan ber ac saja sampai topping beku.





Minggu, 02 Desember 2012

Butter Cheese Cake

Kebetulan ada cheese cream di kulkas, yang expired datenya sudah dekat..Pengen sebenarnya buat cheese cake, tapi kok masih kurang pede, apalgi ga ada loyang tanpa sambungan...Jadi ntar deh, kalo udah siap mental...hehehehe

Liat-liat resep yang gampang, ehh ketemu di NCC..ok deh mari kita eksekusi...

Resepnya:


Bahan A.:
225 gr   tepung terigu
1 ½ sdt baking powder
¼ sdt    garam

Bahan B.:
200 gr    mentega
175 gr    cheese krim
½ sdt    kulit jeruk lemon parut
175 gr    gula pasir
5 btr      kuning telur

Bahan C.:
5 btr      putih telur
1 sdt      air jeruk lemon

Cara membuatnya:
  1. Siapkan  loyang, poles mentega dan taburi tepung terigu.
  2. Bahan B: Kocok mentega dan Cheese Cream  hingga mengembang sekali dan pucat, masukkan gula pasir sambil tetap dikocok. Masukkan kuning telur dan kulit jeruk, sambil tetap dikocok hingga tercampur rata.
  3. Tuang campuran bahan A kedalam adonan mentega, aduk rata. Sisihkan.
  4. Kocok bahan C hingga kaku, lalu secara bertahap campurkan kedalam adonan mentega, aduk rata.
  5. Tuang adonan kedalam loyang, panggang dalam oven suhu 180’C selama lk. 30 menit, atau hingga matang.
Sedikit saya modifikasi dengan menambahkan kismis pada adonan...






Kamis, 29 November 2012

Zebra Cake Kukus

Penasaran gimana cara buat motif2nya, bela-belain nonkrongi si you tube cara membuatnya..

Ketika sudah dimengerti baru deh cari-cari resepnya, sudah ketemu, langsung menuju ke TKP, hehehehe..

Resepnya :

Diambil dari NCC dan sedikit dimodifikasi.

Bahan A:
4 bh telur
125 gr gula pasir
1/2 sdm emulsifier

Bahan B:

125 gr tepung terigu
25 gr susu bubuk

Bahan C:

25 gr, margarin, lelehkan
25 ml susu segar

Bahan D

1 sdm esens mocca/black forest, saya pake esens black forest

Cara Membuatnya:

1. Kocok bahan A sampai mengembang/putih berjejak, masukkan bahan B, aduk merata, selanjutnya masukkan bahan C, aduk sampai rata.
2. Bagi dua adonan, satu bagian dicampur dengan bahan D.
3. Ambil loyang yang telah dioles margarin sebelumnya, kemudian tuang 2 sendok makan adonan putih di tengah-tengah loyang, kemudian tuang lagi 1 sdm adonan coklat diatas adonan putih tadi.Begitu seterusnya sampai adonan habis.
4. Kukus di dandang yang telah terlebih dahulu dipanaskan dan dialasin kain tutupnya selama 15-20 menit atau sampai matang.

Dan penampakannya:













Selasa, 27 November 2012

Semur Betawi

Nyobain resep ini, karena anak2 pada suka daging kecap...

Resepnya dicontek dari NCC juga, thanks ya...

SEMUR BETAWI

Penulis: Fatmah Bahalwan 
Bahan:
500 gr     daging sapi haas, potong-potong
250 gr     kentang, potong-potong, goreng
1 papan tempe, goreng
1 bh        tomat, potong-potong
8 btr        bawang merah, iris halus
3 lbr        daun salam
5 btr        cengkeh
5 cm       kayu manis
10 sdm   kecap manis
1 sdt       garam
½ sdt      pala bubuk
1 ltr         air
1 sdm     margarine, untuk menumis
Bawang goreng secukupnya untuk taburan


Bumbu, dihaluskan:
8 bh        bawang putih
8 btr        kemiri
3 cm       jahe
2 sdt       ketumbar
2 sdt       jintan

Cara Membuat Resep Masakan Semur Daging Betawi:
§  Panaskan margarine, tumis bumbu halus dan bawang merah hingga harum, masukkan daging, tomat, kecap manis, garam, pala, daun salam, cengkeh, kayu manis. Aduk rata
§  Tuang air, masukkan kentang dan tempe. Masak hingga meresap dan matang. Angkat
§  Hidangkan dengan taburan bawang goreng








Senin, 26 November 2012

Brownies Kukus Chunky

Sedang memeriksa storage penyimpanan bahan kue, ternyata banyak bahan yang sudah mendekati masa tenggat waktunya, salah satunya white chocholate compound..

Cari-cari resep, ketemu resep ibu Fat, yang menggunaka si coklat putih ini..OK mari kita coba-coba buat yukk...

Resepnya:

Bahan A:

8 btr telur
200 gr gula pasir
20 gr TBM/emulsifier
vanila secukupnya

Bahan B:

175 gr terigu serba guna
25 gr susu bubuk full cream
1 sdm baking powder

Bahan C:

100 gr White Chocholate Compound
100 gr margarin
Dicairkan

Bahan D:

50 gr selai kacang chunky (Skippy)
1 sdm essence coffe coir, saya pake essence mocca

Bahan E:

100 gr dark coklat, lelehkan

Cara Membuat:

1. Panaskan kukusan, siapkan 2 bh loyang brownies, oles dengan margarin.
2. Kocok Bahan A, sampai putih mengembang, masukkan bahan B sambil diayak, aduk rata dan masukkan bahan C, aduk rata.
3. Ambil 100 gr adonan di atas, campur dengan bahan D, aduk rata, masukkan kembali ke adonan.
4. Tuangkan setengah adonan ke loyang, kukus sampai matang.
5. Masukkan sisa adonan ke atasnya, kemudian tuangkan bahan E, sambil dibuat motif marmer dengan menggunakan garpu.
6. Kukus kembali sampai matang.

Brownies ini rasanya enakk sekali dimana ada sensasi selai kacang yang chunky dan juga dark coklat leleh yang menjadi pelapisnya yang juga yummieee...

Dan penampakannya:







Jumat, 23 November 2012

Bolu Tape Kukus Berbintik

Sudah lama beli tape, tapi ternyata si tape ngendon dengan rapinya di kulkas, hehehehehe..maklum si bos masih banyak kerjaan kemaren-kemaren...Kedatangan abang dan adik-adikku dari Jakarta, kemudian arisan di rumah, orderan yang lumayan...

Akhirnya, sekarang deh dieksekusi si tape ini, berhubung ga lama lagi kita-kita akan mudikkk...yippiieee senangnya...

Cari-cari resep, ketemu deh yang cocok..

Yuk kita kemon ke dapur, dan resepnya :

sumber dari sajiansedap.com

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
2 butir telur 
100 gram gula pasir 
1 sendok teh emulsifier (sp/tbm) 
100 gram tepung terigu protein sedang 
100 gram tape singkong 
100 ml santan kental instan 
7 tetes pewarna kuning 
1/2 sendok teh garam 
25 gram minyak goreng 
1 sendok makan tape ketan hitam

Cara Pengolahan :
  1. Blender tape singkong dan santan sampai lembut. Sisihkan.
  2. Kocok telur, gula pasir, garam, dan emulsifier sampai mengembang.
  3. Masukkan tepung terigu sambil diayak bergantian dengan campuran tape singkong sambil dikocok perlahan. Tambahkan pewarna kuning. Aduk rata.
  4. Masukkan minyak goreng, garam, dan tape ketan hitam. Aduk rata.
  5. Tuang di loyang yang dioles dan dialas kertas roti.
  6. Kukus 15 menit dengan api sedang.
Untuk 10 potong

Dan penampakannya...








Kamis, 08 November 2012

Balado Udang

Nah yang ini juga masakan kesukaan kami...udang maniak..hehehehe

Resepnya:

Bahan-bahan :

  • 1/2 kg udang ukuran sedang, buang kepalanya, cuci bersih.
  • Air jeruk nipis secukupnya
  • Garam, gula pasir, ada putih secukupnya
  • 3 lembar daun jeruk
  • Air kaldu secukupnya
  • Minyak secukupnya

Bahan yang dihaluskan :
  • 10 buah cabai merah
  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah tomat merah

Cara membuatnya :
  • Cuci bersih udang, lumuri dengan garam dan air jeruk nipis, goreng dengan minyak panas hingga kering, sisihkan
  • Haluskan semua bahan yang dihaluskan, jangan terlalu halus
  • Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan daun jeruk hingga wangi
  • Beri garam, gula pasir, lada putih, tambahkan air kaldu jika perlu.
  • Masukkan udang goreng, aduk-aduk hingga rata
  • Masak hingga matang, angkat, siap disajikan

Dan penampakannya..













Sup Sayur & Bola-Bola Daging

Suka banget dengan bola-bola daging atau bakso juga..jadi pengen buat sendiri si bola-bola..mumpung ada kembang kol, wortel..ayo deh kita kemon...

Bola-Bola dagingnya resepnya:

BAHAN :
300 GR DAGING SAPI SEGAR, SDT GARAM, 2 SIUNG BAWANG PUTIH, CINCANG HALUS, SDT MERICA BUBUK, 1-2 SDM TEPUNG KANJI, 1 PUTIH TELUR

1. CINCANG ATAU GILING DAGING SAMPAI HALUS, CAMPUR BERSAMA GARAM, ADUK
2. ULENI SAMPAI ADONAN LEMBUT DAN BISA DIPULUNG (KURLEB 30 MENIT). LALU MASUKKAN BAWANG PUTIH DAN MERICA
3. SETELAH ADONAN RATA, MASUKKAN TEPUNG DAN PUTIH TELUR, ADUK SAMPAI TERCAMPUR
4. BENTUK ADONAN MENJADI BULATAN MENGGUNAKAN 2 SENDOK. REBUS DALAM AIR MENDIDIH HINGGA BAKSO MENGAPUNG, ANGKAT, TIRISKAN


Nah penyelesaiannya:

Tumis bawang putih sampai harum, masukkan daun prei, terus masukkan kuah kaldu hasil merebus si bola-bola secukupnya, masak sampai mendidih masukkan kembang kol dan wortel, masak sampai lunak dan masukkan bola-bola daging, tomat, jangan lupa tambahkan garam secukupnya. Taburi daun sop dan bawang goreng.

Siap untuk disajikan..

Penampakannnya...











Senin, 05 November 2012

Kue Sus

Ada orderan untuk snack box, salah satu isiannya adalah kue sus..sebenarnya udah pernah diuplod sebelumnya tapi yang dulu itukan fotonya belum bagus, sekarang mau uplod yang bagusan dikit ahhhh....

Resepnya:

200 gr margarin
400 ml air putih
225 gr terigu protein tinggi/cakra kembar
6 btr telur

Cara Membuat:

1. Masak air dan margarin sampai mendidih dan tercampur rata, kecilkan api kompor, masukkan terigu sambil diaduk pakai sendok kayu, aduk sampai terigu matang/kalis ditandai dengan adonan tidak menempel lagi di dinding panci.

2. Dinginkan adonan.

3. Masukkan telur satu per satu sambil dikocok bisa pakai sendok kayu, tangan, whisk ataupun mikser dengan kecepatan rendah.

4. Masukkan adonan ke kantong segitiga dengan spuit bintang, spuit adonan ke loyang yang telah diolesi margarin, beri jarak antara satu dengan yang lain.

5. Masukkan ke oven yang bersuhu 200 der celcius, masak sampai buih/busa pada adonan telah habis dan adonan sudah mengembang kokoh, jangan sekali-sekali membuka tutup oven ya...


Resep vlanya;

400 ml susu cair
150 gr gula pasir atau secukupnya
50 gr maizena
2 sdm tepung custard
1 btr kuning telur
rhum secukupnya

Masak semua bahan di atas sampai mendidih, ambil sedikit adonan aduk dengan kuning telur, masukkan kembali ke pancinya, masak sampai mengental ya..

Gunting kue sus, suntikkan vlanya ke dalam dan kue sus siap disajikan...














Minggu, 04 November 2012

Gule Kuta-Kuta


Sebenarnya udah pernah sih uplod masakan ini sebelumnya, tapi dalam rangka mengikuti IDFB Challenge 7, ya udah diuplod lagi deh..

Gule Kuta-Kuta atau dalam bahasa Indonesia adalah Gulai Ayam Kampung merupakan masakan tradisional Karo salah satu etnis di Sumatera Utara.

Yang menjadi ciri khas dari gulai ini adalah bumbu yang digunakan salah satunya adalah asam cekala/patikala dan juga kincong atau kecombrang atau juga honje.



Resepnya:

1 kg ayam kampung , dibakar sebentar
1/2 kg kentang, potong bagi empat
2 buah honje, diiris tipis2
3 buah serai digeprek
5 buah asam patikala, digeprek
500 ml santan kental
500 ml air
Garam
1 batang daun prei

Bumbu Halus:
1/2 ons cabe rawit (kalo tidak suka pedas, bisa dikurangi)
10 buah cabe merah
10 buah bawang merah 
5 buah bawang putih
1/2 ruas lengkuas (kurleb 5-7 cm)
1 ruas jari kunyit (kurleb 2-3 cm)



Cara Membuat:
1. Masukkan bumbu halus ke dalam air beserta serai dan asam patikala, serta ayam. Masak hingga ayam lunak.
2. Masukkan kentang, masak sampai lunak, kemudian masukkan irisan honje dilanjutkan dengan santan.
3. Aduk agar santan tidak pecah dan masak, masukkan garam secukupnya.
4. taburkan daun prei yang telah dipotong kasar.






Sabtu, 20 Oktober 2012

Tempe Teri Bumbu Kecombrang


Lagi periksa isi dapur dan kulkas, ehh masih ada ikan teri medan, tempe dan si kincong alias kecombrang atau juga honje..Kalo orang lokal di sini menyebutnya hunji..

Cerita si honje unik, soalnya pagi-pagi supir mengetuk pintu, bu ini ada tanaman yang pernah ibi masak sama ikan mas sewaktu saya menjemput ke pekan baru bu..??yang mana..??ini bu, rupanya di kebun belakang saya ada bu, saya cium-cium kok mirip ya dengan bau masakan ibu...??hahahaha, ternyata si kincong maksudnya..dan yang lebih takjub lagi ternyata ada di sini...walaupun tidak sebanyak di pekan baru ataupun di medan...Makasih ya..

Coba-coba browse di google, nemu deh resep ini di www.sajiansedap.com..yukk kita cobain...

Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
250 gram tempe, dipotong kotak-kotak 1 cm, digoreng setengah matang
1 buah tomat, dipotong-potong 
10 buah cabai rawit utuh 
1/2 buah kecombrang, diiris tipis-tipis 
50 gram teri nasi, digoreng kering 
1 sendok teh air jeruk nipis 
100 ml air 
1 1/2 sendok teh garam 
3 sendok makan minyak untuk menumis 

Bumbu Halus:
5 buah cabai merah (saya pakai 10 bh cabe merah)
5 buah bawang merah 
3 siung bawang putih 
2 cm kunyit, dibakar
1 cm jahe 
1 batang serai, diambil putihnya
3 butir kemiri, disangrai

Cara membuat:
  1. Tumis bumbu halus sampai matang.
  2. Tambahkan tomat, cabai rawit, dan kecombrang. Aduk hingga layu.
  3. Masukkan tempe dan air jeruk. Aduk rata.
  4. Tambahkan air dan garam. Masak hingga meresap. Tambahkan teri, aduk rata. Angkat.

Saya coba modifikasi dari resep dia atas, dimana setelah bumbu ditumis dan dimasukkan tomat, cabe rawit dan kecombrang, saya cuma masukkan air jeruk saja, terus tambahkan air dan garam, masak sampai meresap, biarkan sambal agak dingin, baru dimasukkan ikan teri dan tempe.

Dan penampakannya...










Rabu, 17 Oktober 2012

PUTU AYU


Sebelumnya sih udah pernah buat si kue yang gurih ini...tapi untuk yang ini beda resep ama yang sebelumnya..tapi rasanya tetap sama walaupun yang ini lebih lembut karena santannya diganti ama susu.

Resepnya adalah:

200 gr tepung terigu serba guna
200 ml santan cair/susu cair
200 gr gula
1 sdt TBM/emulsifier
2 btr telur
2 sdm air daun suji/pandan atau essens pandan

100 gr kelapa parut muda, berikan garam secukupnya.

Cara membuatnya:

1. Panaskan dandang/kukusan dengan tutupnya dibalut dengan kain agar tetesan air tidak jatuh ke adonan,     pakai api sedang saja.
2. Olesi cetakan putu ayu dengan minyak sayur secara merata, taburi kelapa parut pada dasar cetakan, tekan-tekan agar menempel dan padat pada cetakan.
3. Kocok telur dan gula sampai putih, masukkan emulsifier, kocok sampai kental dan berjejak.
4. Masukkan terigu, aduk rata.
5. Masukkan santai/susu cair, aduk rata. Masukkan essens pandan/air daun suji/pandan, aduk rata.
6. Tuang adonan ke cetakan yang telah diberi kelapa parut sampai 3/4nya saja.
7. Masukkan ke kukusan yang sudah panas, tapi tidak sampai mendidih, kukus selama 10-15 menit.
8. Setelah matang, keluarkan dari cetakan, olesi lagi cetakan dengan minyak sayur, begitu seterusnya.


Penampakannya:









Senin, 15 Oktober 2012

Gado-Gado



Masih dalam edisi makan sehat, pengen makan gado-gado...ya udah dibuat deh....

Yukk meluncur ke dapur dan ini dia resepnya:


Bahan Gado-gado :
  • Taoge, 50 gram
  • Selada, 150 gram
  • Kacang panjang, 100 gram
  • Kentang ukuran besar, 1 buah, rebus dan kupas kulitnya
  • Tahu putih 4×4 , 2 buah
  • Tempe, 1 papan, potong petak-petak
  • Kacang tanah, 200 gram
  • Cabai merah keriting, 2 buah
  • Cabai rawit hijau, 4 buah
  • Garam, 1 sendok teh
  • Kencur, 1 cm
  • Gula merah, 1 sendok makan
  • Air asam jawa, 1 sendok makan
  • Air matang, secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng, 1/4 kg
Pelengkap :
  • Bawang goreng
  • Kerupuk / Emping
  • Lontong (
Cara memasak Gado-gado :
  1. Rebus semua bahan sayuran secara terpisah, angkat dan tiriskan. Goreng tempe dan tahu yang telah direndam dalam air garam hingga matang. Angkat.
  2. Sambal Kacang : Panaskan minyak dalam wajan, lalu goreng kacang hingga 3/4 matang, angkat dan dinginkan. Giling kacang dengan menggunakan blender. Haluskan cabai, gula merah, garam, kencur hingga halus lalu tambahkan kacang giling, larutkan dengan air matang dan tambahkan air asam jawa hingga sambal mengental.
  3. Masukkan sayuran yang telah direbus, irisan lontong, potongan tempe dan tahu, aduk rata.
  4. Sajikan gado-gado dengan taburan bawang goreng dan kerupuk/emping.
Untuk 4 porsi Gado-gado

Dan ini dia penampakannya:






Sabtu, 13 Oktober 2012

Cap Cay Kuah


Makanan hari ini sangat sehat..hihihihi..lagi pengin yang segar-segar dan berkuah..

Oke ini dia resepnya:


Bahan:

100 gr wortel iris bulat-bulat, terlebih dahulu dikerok pake garpu, biar ada bentuknya.
100 gr kembang kol
100 gr kacang arcis
1/2 buah bawang bombay
125 gr udang kupas kulitnya sisakan ekornya
125 gr cumi 
125 gr ayam fillet
1 sdm maezena larutkan dengan 5 sdm air
1/2 sdt lada bubuk
garam secukupnya
5 buah bawang putih haluskan
2 sdm minyak sayur
3 btg daun prei
100 ml air
2 sdm saos tiram

Cara :

Tumis bawang putih sampai harum masukkan bawang bombay dan daun prei, masak
sampai layu masukkan ayam fillet, udang dan cumi juga wortel dan kembang kol tunggu sampai layu lalu masukkan arcis kemudian beri air dan garam, lada dan saos tiram,   beri larutan maezena dan aduk rata. masak hingga sayuran agak layu dan kuah mengental setelah itu angkat sajikan.

Dan penampakannya....









Kamis, 11 Oktober 2012

Soto Babat Medan



Sebenarnya sama saja dengan soto medan yang pernah diuplod sebelumnya, hanya ayam diganti dengan babat sapi. 

Jadi resepnya tinggal dimodifikasi aja...

Soto ini dibuat untuk mengikuti ajang bulanan di Pawon Ibu, sebuah komunitas memasak di kalangan para ibu2..

Ini dia resepnya:

Bahan Soto Medan :
  • 1 kg babat sapi, potong kecil-kecil, rebus hingga setengah lunak
  • 3 sdm minyak sayur
  • 1 cm lengkuas
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai dimemarkan
  • 5 lembar daun jeruk purut
  • 1 liter santan encer
  • 250 ml santan kental
Bumbu dihaluskan :
  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 sdm ketumbar, sangrai
  • 2 sdt jintan
  • 1 sdt merica butiran
  • 1 cm jahe
  • 1 cm kunyit
Pelengkap :
  • 6 butir telur, rebus, kupas, belah dua
  • 250 g tomat merah, potong-potong
  • 500 g kentang, rebus, kupas, potong-potong
  • 150 g emping goreng
  • 3 sdm bawang merah goreng
  • sambal rawit
Cara memasak Soto Medan :
  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama daun salam, serai, dan daun jeruk hingga harum.
  2. Masukkan babat ke dalam panci, tuangi santan encer. Masak di atas api kecil hingga lunak. 
  3. Tuangkan santan kental, masak sambil aduk-aduk hingga mendidih.
  4. Penyajian: Taruh dalam mangkuk saji, babat, telur, tomat, dan kentang. Tuangi kuah panas. Sajikan hangat bersama pelengkapnya.

Dan ini penampakannya....










Jumat, 05 Oktober 2012

Mie Rebus Medan



Emang Medan adalah surganya jajanan, jadi kalo jauh dari Medan yang dirindukan adalah makanannya selain keluarga tentunya.

Salah satu makanan Medan yang paling disuka ya ini Mie Rebus Medan. Biasanya yang jual nih adalah orang India dan tempatnya yang paling enak itu di Pagaruyung, Kampung Keling.

Kebetulan kemaren suami baru pulang tugas dari Medan dan sudah diingatkan membawa mie lidi yaitu mie kering berwarna kuning, yang merupakan bahan utama membuat mie rebus ini. Bentuknya panjang-panjang seperti spagheti. Kalo di Siantar ataupun di Parapat terkenal dengan sebutan mie gomak.

Oke, mari kita masak mie rebusnya dan resepnya ini dia:

Bumbu Kuah, haluskan:
Bawang Merah 8 siung
Bawang Putih 3 siung
Kemiri 5 butir
Jahe 2 ruas
Sereh 1 batang
Jinten 1/2 sdt
Ebi/Udang Rebon 100 gram, rendam dulu 30 menit.

Bumbu pelengkap: 
Lengkuas 2 ruas, geprek
3 lembar daun salam
Sereh 2 batang, geprek.
Kayumanis 4 cm
Kapulaga 3 butir
Cengkeh 5 biji
Bunga Lawang 2 buah.

Gula Merah 50gram, sisir halus.
Kecap 5 sdm.

Garam, Lada sesuai selera.
Bumbu kaldu sesuai selera.
Air 4 liter ---> boleh air kaldu udang.
Tepung sagu 3sdm untuk mengentalkan

Bahan:
-Mie Kuning basah 1kg, atau Mie Lidi 1 kemasa
n jadi krg lebih 1kg mie setelah direbus.
-Tahu 10 pcs, goreng.
-Kentang 2biji, rebus/kukus
-Udang basah 500 gram, goreng hingga kering. --> bisa jg pakai udang rebon di goreng.
-Taoge 150gram, rebus.
-Bawang Goreng, Seledri, Jeruk Nipis, irisan tomat
-Sambal, Emping. 


Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus, hingga matang dan harum, masukkan air.
2. Masukkan bumbu pelengkap lainnya.
3. Saat kuah mulai panas,tepung sagu diencerkan dulu dengan sedikit air lalu masukkan ke kuah.
4. Tunggu hingga mendidih, matikan api.
5. Atur dalam piring: mie, taoge, tahu dan kentang yg sudah dipotong2, udang goreng kering, siram dengan kuah panas.
6 Taburi dengan bawang goreng dan seledri.
7. Jika suka tambahkan air jeruk nipis, irisan tomat + sambal dan emping. 

*untuk 10-12 porsi.

Dan penampakannya :









Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...