Jumat, 17 Juni 2011

Bolu Gulung

Pertama kali buat bolu gulung atau cake roll kurang memuaskan, permukaannya ada retak kecil. Mungkin karena kurang kering kali ya...

Nah, untuk kedua kalinya buat lagi, setelah baca2 dari komen teman2 di FB, ada rupanya kiatnya..Karena saya masih pakai otang (oven tangkring) yang ga ada api atasnya, coba deh taruh si loyang di tengah otang waktu pemanggangan selanjutnya kurleb 15 menit dipindahin ke atas..

Ternyata hasilnya lumayan memuaskan, permukaan cake coklat n kering...katanya sih digulung pake kertas roti atau serbet, kalo bagi saya agak sulit, yah si kertas saya lepas trus gulung aja langsung..ehhh hasilnya mulus ga retak...hufffhhh ngelap keringat..

Nah sewaktu mau dimakan tuh bolgul, kok agak keras ya..yahh kecewa lagi deh...Ehhh mungkin karena baru keluar kali dari oven, agak ditunggu lama...yesss...yesss..lembut tenan...

Resepnya saya ambil dari mbak ricke (tq ya mbak..)

Bahan:
6 butir telur utuh (gunakan telur yg fresh, putih telur masih kental dan kuning telur masih utuh dan bagus)
90 gram gula pasir halus (gula kastor)
1 sdm cake emulsifier
70 gram terigu protein sedang/all purpose
10 gram maizena
10 gram susu bubuk
1 sdt vanilla essence (saya pakai vanilla susu L'Arome)
125 gram mentega, lelehkan dan dinginkan

Loyang:
1 buah 30x30x4 cm
atau
2 buah 22x22x4 cm

Cara membuat:
1. Siapkan loyang, olesi dasarnya dengan margarin/minyak loyang, alasi dengan kertas roti/baking paper. Oles lagi dengan margarin/minyak loyang. Sisihkan.
2. Ayak terigu, maizena dan susu bubuk dan campur semua bahan jadi satu kecuali mentega cair. Kocok dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang, kental dan putih (cek kekentalan dg mengangkat mixer, adonan akan jatuh perlahan, tidak encer).
3. Masukkan mentega cair, aduk balik dengan spatula karet hingga merata dan homogen.
4. Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaannya. Panggang dalam oven yg sudah dipanaskan 200'C (api besar) sampai matang dan permukaan berkulit kecoklatan dan cukup kering bila disentuh.
5. Keluarkan dari loyang dan dinginkan. Beri filling sesuai selera dan gulung sambil dipadatkan.



Untuk saat ini saya masih menggunakan 1/2 resep dari di atas, berhubung si otang ukuran kecil.


Dan inilah penampakannya:





5 komentar:

  1. Halau halau,,,nice blog,saya suka,resepnya bagus-bagus,saya jadi tertarik untuk mengikuti blog anda.ijinkan saya untuk menjadi pengikut blog anda.dan saya mengundang anga untuk singgah di my blog,siapatahu ada yang bisa jadi inspirasi buat anda,jikalau berkenan jadilah follwer untuk my blog,salam persahabatan,,,,,

    BalasHapus
  2. tq mbak...ok...ntar sy kunjungi blognya ya...salam kenal mbak..

    BalasHapus
  3. hehehe..salah rupanya ini bapak dede ya..maaf ya pak..masakan bapak juga enak2...

    BalasHapus
  4. terimakasih sudah jadi follower for my blog..salam persahabatan

    BalasHapus
  5. bapak blm jd follower saya...????ngarap.com

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...